Sekolah Tinggi Agama Buddha Raden Wijaya Berstatus Negeri

1 164

infowonogiri.com-WONOGIRI-Di Wonogiri terdapat Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) beralamat di Dusun Bendo Bulusari Desa Bulusur Wonogiri. Kampusnya cukup memadai dekat dengan persawahan, hawa dan udaranya sejuk. Sejarah berdirinya STABN berawal dari berdirinya Sekolah Tinggi Buddha Empu Tantular Banyumas dibawah Yayasan Empu Tantular.

Kemudian Yayasan Empu Tantulr membuka sekolah baru di Bendo Bulusari Bulusulur, yaitu STABN Raden Wijaya.Awalnya STABN berstatus sebagai perguruan tinggi swasta. Kini telah berstatus sebagai perguruan tinggi Negeri. Mulai tahun 2007 STABN dikelola oleh Yayasan Raden Wijaya. Karena statusnya menjadia perguruan tinggi negeri Negeri, maka pengawasannya langsung dari Kementrian Agama Dirjen Bimas Buddha. Di STABN ada tiga jurusan Kependidikan (Darma Acarya), Kepanditaan dan Darmaduta. Dosen yang mengajar di STABN ada 30 orang.


STABN memiliki 12 ruang untuk kantor dan kegiatan belajar mengajar. STABN berdiri diatas tanah seluas 700 m2.  STABN menyediakan asrama atau penginapan bagi calon mahasiswa yang memilih menginap karena rumahnya jauh. Empat tahun terakhir ini telah menampung mahasiswa/ wi sebanyak 240 orang. Tahun rencana akan meluluskan 34 Mahasiswa. Tempat beribadah Wihara juga telah disediakan berdampingan dengan kampus.

“Tahun ajaran 2011/2012 ini STABN Raden Wijaya membuka beberapa gelombang pendaftaran Mahasiswa Baru. Bulan Juni ini sudah mulai dibuka pendaftaran gelombang pertama. Pendaftaran dibuka sampai bulan September. (n2i-goes)